Sebagai penyuka teh tubruk, saringan teh menjadi peralatan yang wajib dimiliki. Sesaat setelah teh tubruk direndam dengan air panas, air hasil seduhan itu kemudian disaring dengan saringan teh untuk memisahkan air seduhan dan ampas teh. Pada proses penyaringan inilah terkadang air teh memercik atau tumpah karena kurang hati-hati saat menuang. Tampak ribet dan tak praktis? Yup, memang. Nah, sebenarnya ada beberapa alat seduh the modern yang bisa membantu aktivitas menyeduh teh tubruk ini menjadi lebih praktis.

Berikut referensi peralatan untuk menyeduh teh agar teh tubruk bisa diseduh dengan mudah, praktis dan tak ribet.

# Tea Infuser

Tea infuser atau disebut juga tea ball adalah alat perendam teh yang terbuat dari stainless steel atau baja anti karat. Bentuknya menyerupai bola pendulum dengan pori-pori di permukaan bola. Bola ini bisa dibuka tutup dengan mudah. Fungsinya tak lain untuk meletakkan teh tubruk.

Jika teh tubruk sudah dimasukkan ke dalam alat perendam ini, kemudian tinggal celupkan saja selama beberapa lama ke dalam air panas atau air hangat. Angkat alat perendam sehingga diperoleh hasil seduhan teh yang terpisah dari ampas teh. Praktis ‘kan?

Selain praktis digunakan, kalian juga tak perlu repot-repot soal kebersihannya. Tak ada perlakuan khusus saat mencuci alat peredam teh ini. Cukup cuci seperti ketika kalian mencuci saringan teh.

Baca juga: TEH CELUP DAN TEH TUBRUK, MANA YANG PALING NIKMAT?

teh infuser

source: unsplash.com/@nekoburro

#Tea Pot

Tea pot atau teko teh memiliki bentuk yang mirip dengan teko biasa. Hanya saja pada bagian tengahnya terdapat saringan yang bisa dilepaskan. Untuk membuat teh dengan peralatan ini, cukup tuangkan teh tubruk di bagian saringannya. Lantas tuangkan air hangat atau air panas dan diamkan selama beberapa saat. Ketika ingin menikmati teh, langsung saja tuangkan air seduhan teh ke dalam gelas. Ampas teh tiak akan terikut masuk ke dalam gelas karena potongan daun the berada terpisah di dalam saringan.

Di pasaran,tea pot tersedia dalam beberapa pilihan kapasitas. Jika sehari-hari kalian menyeduh the untuk 2-3 orang saja, maka cukup pilih tea pot berkapasitas 200-340ml. Tapi kalau harus membuat teh dalam jumlah yang lebih banyak, pilih tea pot berkapasitas 480-600ml yang bisa menyajikan teh untuk 4-5 orang.

alat seduh teh

source: unsplash.com/@sabrituzcu

#French Press, Alat Seduh Teh dan Kopi

French press yang juga disebut coffee plunger, chambord, atau press pot lebih dikenal sebagai alat seduh kopi. Tetapi sebenarnya alat ini juga bisa digunakan untuk menyeduh teh tubruk lho. Jika selama ini kalian sering memakai french press untuk menyeduh kopi, sebaiknya bersihkan dulu sebelum dipakai untuk menyeduh teh agar aroma kopi tak mencemari seduhan the. Untuk menghilangkan aroma kopi, cukup bersihkan dengan jeruk nipis dan sedikit baking soda.

Cara menyeduh teh dengan french press ini sesungguhnya tak jauh berbeda dengan cara menyeduh kopi. Cukup masukkan teh tubruk ke french press, lantas tuang air hangat atau air panas. Diamkan selama beberapa saat, lantas tekan plugger french press ke bawah.

#Electric Tea Maker

Ada beragam produk electric tea maker yang bisa ditemukan di pasaran. Salah satu contohnya electric tea maker dari Bear. Electric tea maker ini menggunakan material kaca borosilicate, filter stainless steel kualitas food grade, bebas BPA, dan berkapasitas 1,5 liter. Tak tanggung-tanggung, teko teh listrik ini dilengkapi 20 fitur termasuk fitur pengatur suhu dan timer. Jadi, kalian cukup menuangkan air, teh tubruk lalu menekan tombol-tombol sesuai kebutuhan dan tak lama teh pun siap disajikan!

Nah, siapa bilang menyeduh teh tubruk merepotkan? Alat seduh teh nyatanya tak kalah canggih dengan alat menyeduh kopi. Tinggal dipilih saja, kalian mau yang mana?