Mengenal IDN Live & IDN Live Streamer Fund 50 Miliar

Sewaktu kecil, kalian pernah ditanya tentang cita-cita?

Beberapa tahun yang lalu, profesi dokter, tentara, polisi atau pilot menjadi jawaban yang paling sering terdengar ketika anak-anak ditanya tentang cita-citanya. Tapi kini tidak lagi!

Para millennial dan gen Z lebih berminat menjadi content creator. Tak hanya menjanjikan popularitas, profesi content creator menuai penghasilan yang tinggi mulai dari jutaan hingga miliaran rupiah.

Nah, apakah saat ini kalian juga berminat menjadi seorang content creator?

review fitur idn live di idn app
fitur idn live

Konten Live Stream yang Makin Populer

Salah satu model konten yang belakangan ini banyak diminati adalah konten live streaming. Berbeda dengan konten lainnya, konten-konten live streaming semakin disukai karena para penonton atau audience punya kesempatan untuk berinteraksi secara langsung atau real time dengan orang yang melakukan kegiatan live streaming atau streamer.

“Bersumber dari hasil riset Business Wire, popularitas live stream akan terus tumbuh dan diperkirakan bakal meraih revenue sebesar 184 miliar dolar AS pada 2027 mendatang.”

Ide Konten Live Stream

Lalu bagaimana memulai menjadi seorang streamer? Pertama-tama tentunya kalian harus menemukan ide konten live streaming. Sebaiknya buat konten yang bermanfaat dan memperkaya wawasan audience kalian. Dengan cara ini, para audience live streaming akan selalu menanti-nantikan konten terbaru kalian. Nah, berikut sederet ide untuk konten live stream kalian!

Interview Q & A

Kalian bisa mengundang seseorang yang memiliki keahlian atau pengalaman tertentu untuk interview dalam live streaming. Tentu saja semakin menarik jika kalian berhasil mewawancarai tokoh terkenal. Tetapi bisa juga tokoh-tokoh sederhana di sekitar kalian yang memiliki daya tarik untuk ditampilkan secara live streaming. Misalnya saja seorang pelatih anjing atau pembuat mainan tradisional yang sekarang ini semakin jarang ditemukan.

Membagikan Keahlian

Apakah kalian punya keahlian atau bakat khusus? Hal-hal semacam ini juga bisa jadi bahan konten live streaming yang menarik. Misalnya saja keahlian baca kartu tarot, keahlian main sulap, memainkan alat musik dan lain sebagainya.

Tutorial

Kalian bisa mengajarkan kepada para audience cara membuat sesuatu atau cara melakukan sesuatu dengan langkah-langkah yang mudah dan jelas. Misalnya saja tutorial pashmina simpel, tutorial memasak menu yang sangat simpel untuk anak kos, tutorial make up simpel dan lain sebagainya.

idn live streaming

Olahraga

Tak sedikit orang yang tertarik dengan olahraga untuk membentuk badan atau untuk membantu mengurangi berat badan. Kalian bisa membuat konten live streaming olahraga dengan beberapa latihan yang memberi manfaat untuk tubuh.

Kuis

Banyak orang menyukai kuis untuk mengisi waktu luang mereka. Buatlah kuis yang menarik, tidak terlalu sulit dan sedikit menggelitik agar orang-orang tertarik untuk terlibat.

Apa itu IDN Live?

Jika sudah menemukan ide untuk konten live streaming, selanjutnya kalian perlu menemukan platform yang tepat untuk live streaming.

Salah satu platform yang sangat mendukung kreativitas para streamers adalah platform milik IDN Media yakni IDN App. IDN App merupakan aplikasi baca berita dan hiburan yang populer di Indonesia dengan tampilan fresh sehingga cocok untuk para Millennials dan Gen Z.

Nah, versi terbaru aplikasi IDN secara khusus menyediakan fitur IDN Live untuk konten live streaming!

“IDN Live merupakan platform dalam IDN yang memberi ruang bagi para streamer untuk bersuara, membangun interaksi yang genuine, dan menjalin hubungan yang authentic dengan audiens. Tentunya hal ini dilakukan dengan tetap menjaga komitmen IDN Media untuk menyajikan konten yang berkualitas dan impactful.” – Zefanya Deby, Head of IDN

review fitur idn live di idn app

Keunggulan IDN Live

Salah satu daya tarik konten live streaming adalah terbukanya kesempatan audience untuk berinteraksi dengan streamer yang sedang mereka tonton. Melalui live chat, audience bisa mengirimkan pesan dan streamer juga bisa langsung melihat lalu membalas pesan-pesan tersebut. IDN Live juga dilengkapi dengan Live Chat ini. Selain live chat, IDN Live memiliki sejumlah fitur unggulan lainnya.

Virtual Gift

Di IDN Live, audience bisa memberikan Virtual Gift sebagai bentuk apresiasi sekaligus cara untuk menarik perhatian streamer. Streamer nantinya bisa melihat nama akun yang memberikan Virtual Gift ketika live streaming. Ada banyak bentuk Virtual Gift yang menarik contohnya saja aneka makanan Nusantara, hewan langka seperti komodo dan cendrawasih, beragam barang mewah seperti jet pribadi dan motor sport, dan masih banyak lagi lainnya.

Tema Bervariasi

Kalian tentu familiar dengan live streaming di e-commerce dan platform game online. Di IDN Live kalian akan mendapati tayangan live streaming yang lebih bervariasi, tidak hanya jualan produk atau main game online. Ada live streaming request lagu seru, sholawatan bareng, tutorial make up dan masih banyak lagi.

Bonus Gold

Setelah men-download IDN App dan sign up untuk yang pertama kalinya, setiap pengguna akan mendapatkan bonus sejumlah Gold. Gold ini adalah currency atau mata uang digital yang dipakai di dalam aplikasi IDN. Gold bisa dipakai untuk memberikan virtual gift pada streamer. Sangat menarik ‘kan?

Jika Gold habis, pengguna bisa dengan mudah melakukan top up atau membeli Gold dengan pembayaran yang telah disediakan oleh App Store atau Google Play. Ada banyak pilihan Gold sesuai kebutuhan pengguna dan ada pula promo potongan harganya lho!

Poin untuk Streamer

Poin adalah hadiah yang diberikan kepada streamer atas konten yang dibuat. Poin diperoleh bila Streamer mendapat virtual gift dari audience. Virtual gift ini kemudian akan dikonversikan secara otomatis menjadi point sesuai nilai yang ditetapkan. Nantinya poin yang berhasil dikumpulkan oleh streamer bisa ditukar atau redeem ke Rupiah dengan jumlah tertentu.
Jadi, semakin banyak audience yang suka dengan konten live streaming kalian, maka semakin terbuka pula kesempatan untuk mendapatkan virtual gift dari mereka. Artinya sebagai streamer, kalian pun akan mengumpulkan poin-poin yang semakin banyak!

live streaming idn live

Bagaimana Cara Bergabung Sebagai Streamer di IDN Live?

Setelah mengetahui apa itu IDN Live dan melihat sejumlah keunggulannya, apakah kalian tertarik untuk bergabung sebagai streamer. Tunggu apa lagi? Segera saja lakukan pendaftaran! Caranya mudah banget.

1. Download IDN App di App Store atau Google Play Store.

2. Sign Up dan buat akun baru di IDN App.

3. Submit data diri kalian melalui link Google Form Pendaftaran IDN Live New Streamer. Selanjutnya tim IDN Live akan memverifikasi data yang sudah kalian submit dan mengaktifkan akun Streamer.

Untuk saat ini, hanya kandidat yang cocok atau memenuhi kriteria yang akan dihubungi oleh pihak IDN Media.

4. Setelah akun kalian aktif, tim IDN Live akan menginformasikan melalui email. Selanjutnya kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

5. Calon Streamer akan diminta untuk logout dari aplikasi IDN versi terbaru, kemudian login kembali.

6. Klik tombol menu [Live] di bagian atas layar pada halaman Home.

7. Lantas klik tombol [+] yang ada di bagian bawah layar halaman Home.

8. Nah jika muncul pilihan ‘live streaming’, maka itu menandakan bahwa akun kalian sudah berhasil diperbaharui dan kalian sudah menjadi Streamer!

9. Tetapi bila belum muncul, kalian bisa menghubungi tim IDN Live ke email support@idn.media.

Jangan lupa siapkan video perkenalan, dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia, berdurasi 3 menit untuk mendaftar sebagai streamer di IDN App.

Perkenalkan diri kalian mulai dari nama, universitas, hobi, makanan favorit, pemusik favorit, film favorit dan lain sebagainya. 

Ceritakan tentang perjalanan berlibur terakhir yang kalian lakukan, mulai dari kemana kalian pergi, apa saja yang dilakukan, dengan siapa, momen-momen yang menarik dalam perjalanan itu dan seterusnya. 

Program Spesial IDN LIVE Streamer Fund

Tak diragukan lagi, IDN sangat mendukung kreativitas para streamer. Selain dengan meluncurkan IDN Live yang memiliki banyak keunggulan, IDN juga mengadakan program IDN Live Streamer Fund. Program yang diluncurkan pada bulan April 2022 ini menyediakan dana Rp 50 miliar untuk mendukung para streamer yang tergabung di IDN Live.

Program IDN Live Streamer Fund ini sebagai bentuk apresiasi kepada para streamer dan dukungan terhadap industri content creator di Indonesia. Dengan program spesial ini diharapkan kreativitas para streamer terpacu untuk menghasilkan konten yang berkualitas dan sekaligus memunculkan benih-benih streamer baru.

“Kami sangat antusias meluncurkan program IDN Live Streamer Fund. Kami ingin memberi apresiasi bagi komunitas streamer kami atas kreativitas dan keunikan dalam konten live streaming mereka. Kami ingin para streamer memiliki kesempatan untuk mendapat pemasukkan dari hal yang mereka sukai dan menjadikan passion mereka sebagai mata pencaharian. Sejak awal, IDN Media memiliki visi untuk mendemokratisasi akses informasi, termasuk memberikan ruang bagi generasi millennial dan Z untuk menciptakan konten yang berkualitas.” – William Utomo, Chief Operating Officer IDN Media.

Siapa saja yang bisa mendapatkan IDN Live Streamer Fund?

Dana sebesar Rp50 miliar ini disediakan bagi siapa saja, tanpa batasan! Dana ini akan dibagikan kepada streamer terpilih yang memenuhi kriteria tertentu. Mau tahu kriterianya? Simak di sini!

N

Tinggal di Indonesia dan berusia 18 tahun ke atas

N

Sudah memiliki paling tidak 100 follower di IDN App

N

Konsisten live streaming  setiap hari di IDN App

N

Menyebarkan konten positif dan inklusivitas

N

Kreatif, otentik dan orisinil

N

Mematuhi guideline komunitas IDN Live

Keuntungan tambahan Apa saja yang akan didapat streamer?

Selain menyiapkan dana Rp50 miliar untuk para streamer terpilih yang dinilai memenuhi kriteria, IDN Media juga akan memberikan dukungan bagi para streamer. Sejumlah manfaat tambahan yang akan diperoleh streamer meliputi:

Para streamer yang terpilih akan mendapat media coverage, strategi promosi dan iklan berbayar di ekosistem IDN Media (IDN, IDN Times, Pobpbela.com, Popmama.com, Yummy, Fortune Indonesia dan Duniaku.com).

Para streamer terpilih akan mendapatkan kesempatan menggunakan studio profesional IDN Media yang berlokasi di Jakarta dan Surabaya. Untuk itu, streamer yang memenuhi syarat juga akan mendapatkan akses perangkat-perangkat pendukung seperti kamera, mic, mixer, tripod, lighting, green screen dan masih banyak lagi.

Para streamer akan mendapatkan training dan program mentorship dari tim IDN Media.

Terbukanya kesempatan untuk mendapatkan brand sponsorship yang difasilitasi oleh ICE (Indonesia Creators Economy).

Go Apply as A Streamer…!

Tunggu apa lagi? Kesempatan baik tak datang dua kali. Segera daftarkan diri kalian sebagai streamer di IDN Live dan rebut kesempatan bergabung dalam program IDN Live Streamer Fund 50 miliar. Dapatkan penghasilan sebagai streamer sekaligus jadi agen perubahan positif untuk generasimu!

idn live streamer fund