Hobi menulis artikel? Artikel yang bermanfaat bagi orang banyak sungguh sayang jika hanya tersimpan di laptop. Nah, sebenarnya ada banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan dari menulis artikel. Lantas bagaimana cara mendapat uang dari menulis artikel online?

Beberapa poin penting yang akan dibahas dalam artikel ini adalah:
• Cara mendapat uang dari menulis artikel online
• Inspirasi menulis artikel
• Kesimpulan

cara mendapat uang dari menulis artikel online

source: unsplash.com/@christinhumephoto

Cara Mendapat Uang dari Menulis Artikel Online

Menulis adalah salah satu profesi yang nggak ada matinya. Pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah, baik sebagai pekerjaan utama maupun pekerjaan sampingan. Jika kalian gemar menulis, sesungguhnya ada banyak cara mendapat uang dari menulis artikel online.

• Membangun blog sendiri

Daripada tersimpan di laptop, alangkah baiknya jika kalian mempublikasikan artikel-artikel tersebut agar memberi manfaat bagi orang lain. Untuk mempublikasikan artikel secara online, kalian bisa membangun website atau blog sendiri. Jika punya modal yang cukup, kalian bisa membeli domain dan hosting lalu menggunakan jasa pembuatan website untuk membangun sebuah website yang nantinya menjadi tempat untuk mempublikasikan artikel-artikel kalian. Jika tak ingin keluar biaya, kalian bisa memanfaatkan layanan blog gratis seperti Blogspot untuk membangun sebuah blog.

Nantinya jika web atau blog sudah terbangun, kalian bisa mendaftarkan website atau blog ke program kerjasama periklanan melalui media Internet. Contohnya saja Google Adsense, Media Net, Infolinks, Adsterra dan seterusnya. Jika diterima di salah satu program kerjasama periklanan ini, maka iklan akan ditayangkan di website atau blog. Kalian pun akan mendapatkan penghasilan dari penayangan iklan tersebut.

• Cara mendapat uang dengan menulis artikel dan mengikuti lomba atau kontes

Selain mengikuti program kerjasama periklanan melalui media internet, kalian juga bisa mengikutsertakan web atau blog pribadi ke ajang lomba atau kontes blog. Biasanya lomba atau kontes blog ini mengharuskan pesertanya memiliki website dengan top level domain .com, .id, dan .net. Nantinya kalian akan diminta untuk menuliskan sebuah artikel sesuai dengan tema yang telah ditentukan dan mempublikasikannya di website pribadi.
Ajang lomba atau kontes blog ini menawarkan hadiah yang cukup menggiurkan lho. Mulai dari sejumlah uang senilai ratusan ribu hingga jutaan. Ada pula yang memberikan hadiah selain uang seperti emas, handphone dan juga laptop.

• Mengirimkan artikel ke media online

Mengelola website atau blog sendiri memang gampang-gampang susah. Jika kalian merasa kerepotan membangun website atau blog, masih ada alternatif cara mendapat uang dari menulis artikel online yakni dengan mengirimkan artikel ke media online.

Tentu saja tidak semua media online akan memberi imbalan atas setiap artikel yang dipublikasikan. Untuk itu kalian mesti mencari tahu media-media online yang memberikan imbalan atas artikel yang kalian tuliskan. Berikut ini beberapa media online pilihan yang secara jelas menampilkan keterangan memberikan honorarium dan besarannya untuk setiap artikel yang mereka publikasikan.

1. Mojok.co

Sering membaca tulisan-tulisan di Mojok.co? Tak hanya bisa jadi pembaca setia, kalian juga bisa mengirimkan tulisan-tulisan kalian ke sana. Mojok.co menerima tulisan-tulisan pendek 600 kata hingga 1000 kata. Kalian bisa menulis artikel tentang peristiwa atau isu yang sedang hangat dibicarakan, liputan, tulisan bertema teknologi dan otomotif hingga tulisan tentang pengalaman nyata dengan dunia tak kasat mata. Untuk setiap tulisan yang lolos seleksi dan dipublikasikan, penulis akan mendapatkan honorarium sebesar Rp. 325.000,- belum termasuk pajak. Ketentuan selengkapnya bisa kalian baca di sini.

2. Buruan.co

Selain artikel, tulisan dalam bentuk cerpen, puisi dan sajak juga bisa menghasilkan uang lho. Buruan.co adalah salah satu media online yang memberi ruang bagi para penulis cerpen, puisi dan sajak. Untuk setiap cerpen, puisi dan sajak yang dipublikasikan, penulis akan mendapatkan honorarium sebesar Rp. 200.000,-. Untuk sajak, khusus dibuka kesempatan bagi para penulis sajak-sajak Sunda. Jika kalian tertarik, baca selengkapnya ketentuannya di sini.

3. Digstraksi.com

Berbeda dengan media online sebelumnya, media online ini tidak memberikan honorarium per artikel yang dipublikasikan. Honorarium diberikan berdasarkan views atau seberapa banyak sebuah tulisan dibaca orang. Jika kalian menuliskan beberapa artikel di Digstraksi.com, maka kalian akan mendapatkan Rp. 50.000,- untuk setiap 10.000 views dari total semua artikel kalian. Semakin besar jumlah views, maka tentunya semakin besar pula pendapatan yang akan kalian dapatkan. Contohnya saja, jika dalam sebulan kalian mendapatkan 200.000 views dari total semua artikel, maka kalian akan mendapat penghasilan sebesar Rp. 1.000.000,-.

4. IDNtimes.com

Seperti halnya Digstraksi.com, media online IDNtimes.com juga menerapkan penghitungan honorarium berdasarkan jumlah views. Di IDNtimes, jika artikel kalian mampu menjaring 100 views maka kalian akan mendapatkan 1 poin. Jika jumlah poin telah mencapai nilai minimal yakni 2500 poin, maka kalian bisa melakukan menukaran poin dengan uang tunai melalui fitur redeem poin yang disediakan. Untuk 2500 poin, kalian akan memperoleh uang sejumlah Rp. 250.000,-. Untuk keterangan selengkapnya, kalian bisa mendaftar diri terlebih dahulu di IDNtimes.com.

5. Kompasiana.com

Mulai Januari 2022, Kompasiana.com meluncurkan program K-Rewards untuk para penulis di platform ini. Program ini sebagai bentuk apresiasi kepada semua penulis di Kompasiana. Dalam periode 2022, Kompasianer dengan akun yang telah tervalidasi dan memenuhi sejumlah syarat tertentu bisa mendapatkan honorarium dengan penghitungan nominal berdasarkan unique pageview yang divalidasi dari Google Analytics. Untuk informasi detil kalian bisa melihatnya di sini.

6. Sariagrid.id

Jika kalian memiliki pengetahuan atau pengalaman di bidang pertanian dan bidang-bidang pendukungnya, kalian bisa menuliskan gagasan dan mengirimkannya ke Sariagri.id. Media online yang secara khusus mengusung tema pertanian, peternakan, perikanan dan tema sejenis lainnya ini memberi imbalan hingga 10 juta untuk gagasan yang paling populer setiap bulannya. Untuk informasi lebih banyak seputar Sariagri, kalian bisa membaca ulasannya di sini.

Inspirasi Menulis Artikel

Sederet peluang di atas menjadi cara mendapat uang dari menulis artikel online. Kalian bisa mencoba satu atau dua peluang sekaligus untuk menjajal peruntungan. Tentu saja agar mendapatkan penghasilan yang memuaskan, paling tidak dalam satu hari selesaikanlah satu artikel berkualitas. Nah, masalahnya seringkali seorang penulis kehabisan ide. Jika kalian menghadapi hal yang sama, coba simak inspirasi menulis artikel berikut ini.

1. Pengalaman pribadi

Dalam kegiatan sehari-hari, pastinya kalian akan menemukan hal-hal baru. Meskipun terkesan remeh, hal-hal baru itu sebenarnya bisa digali lebih dalam dan dibuat menjadi sebuah tulisan. Jangan sepelekan pengalaman pribadi, sebab bisa jadi orang lain akan belajar dari pengalaman kalian. Contohnya saja pengalaman saya dalam menyeduh teh celup dan teh tubruk yang menjadi sebuah tulisan.

2. Review produk

Setiap hari pastinya kalian menggunakan sebuah produk. Entah itu produk makanan, produk kesehatan dan produk-produk lainnya. Pengalaman memakai sebuah produk juga bisa kalian gali lebih dalam sehingga menjadi sebuah artikel yang menarik. Contohnya saja pengalaman menggunakan sebuah aplikasi untuk diet yang kemudian saya tuliskan menjadi sebuah artikel.

3. Isu terkini

Bacalah portal-portal berita atau ikuti berita-berita terhangat melalui televisi. Selanjutnya, kalian bisa membuat artikel-artikel yang berisi informasi pendukung di seputar isu tersebut. Contohnya saja untuk berita global tentang NFT termahal di dunia, kalian bisa membuat artikel pendukung mengenai apakah NFT itu, adakah alternatif NFT, dan artikel sejenis lainnya.

4. Mengamati lingkungan sekitar

Selalu saja ada hal-hal menarik yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar kalian. Untuk itu, perhatikanlah dengan lebih cermat agar bisa menemukan ide-ide inspiratif. Misalnya saja, ketika ibu sedang memasak makanan sehari-hari, kalian bisa menuliskan resepnya, kandungan gizinya hingga alternatif bahan masakan tersebut.

5. Mendengarkan cerita orang lain

Ketika kalian berinteraksi dengan orang lain, jangan sia-siakan kesempatan itu untuk menemukan cerita-cerita yang menarik. Gali lebih dalam satu dua topik lalu perdalam lagi dengan membaca informasi pendukungnya. Dengan cara ini, kalian sudah mendapatkan ide untuk menulis.

Kesimpulan

Cara mendapat uang dari menulis artikel online terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin mencoba dan bertekun menulis. Jangan patah arang dengan satu atau dua kali penolakan. Jangan juga mundur jika harus gagal satu atau dua kali. Cobalah lagi untuk menuliskan artikel yang bermanfaat bagi orang lain. Ingat, kerja keras tak pernah mengkhianati hasil. Selamat menulis!