Rahasia kehidupan para milioner telah mengusik rasa ingin tahu. Banyak orang penasaran dan mencoba mencari tahu formula kesuksesan mereka. Jika kamu membayangkan formula yang rumit dan sulit, segera buang jauh-jauh pikiran itu. Sebab ternyata, kebiasaan-kebiasaan hidup yang sederhana justru menjadi formula kesuksesan mereka. Penasaran? Coba saja simak 7 kebiasaan hidup para milioner yang membentuk kesuksesan mereka.

Rajin membaca

Kamu suka membaca? Jika suka membaca, berarti kamu sudah memiliki salah satu formula sukses. Kebiasaan membaca dimiliki hampir semua milioner di dunia. Dilansir dari Richhabits.net, sebuah riset yang dilakukan Thomas Crowley menunjukkan bahwa 85% milioner mempunyai kebiasaan membaca buku setidaknya 2 buku atau lebih dalam sebulan.

Contohnya saja Warren Buffett. Salah satu investor tersukses di dunia ini menghabiskan 80% waktunya dalam sehari untuk membaca. Bahkan di awal karirnya sebagai seorang investor, ia membaca 600 hingga 1000 halaman dalam sehari.

Tak hanya untuk kesenangan, para milioner membaca untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka. Mereka memilih buku-buku bertema kepemimpinan, biografi, panduan, tips dan trik, serta selalu mengikuti informasi terkini.

kebiasaan hidup para milioner

source: pixabay.com

Kebiasaan hidup para milioner, hidup hemat

Para milioner mempelajari dan memahami tentang pemasukan dan pengeluaran. Berbekal pemahaman itu, kemudian mereka menentukan budget hidup bulanan dan disiplin dengan budget yang sudah ditetapkan.
Menetapkan budget hidup bulanan memang menjadi perkara penting. Sebab dengan cara ini, kamu bisa hidup hemat dan terhindar dari pengeluaran-pengeluaran yang kurang penting. Keuanganmu pun bisa dikendalikan sehingga target keuanganmu bisa tercapai.

Baca juga: Harisenin.com Kelas Online Terbaik 2022 Pilihan Indonesia

Menghindari utang

Tak hidup boros, para milioner punya kebiasaan hanya membeli barang yang dibutuhkan saja. Mereka juga tak memaksakan diri untuk memiliki barang yang tak terjangkau untuk dibeli.

Para milioner menghindari memakai kartu kredit, bahkan untuk memesan hotel atau tiket penerbangan. Termasuk juga menghindari melakukan pinjaman. Sebab mereka mempertimbangkan besarnya bunga yang harus dibayarkan. Sebisa mungkin mereka memilih pembayaran tunai agar tak terkena bunga.

Tampil bersahaja

Barrack Obama, Steve Jobs dan Mark Zuckerberg adalah beberapa contoh milioner yang tampil bersahaja. Alih-alih membeli pakaian mengikuti tren fashion, mereka memilih untuk mengenakan baju yang sama. Tak pernah berganti model, bahkan mereka bertahan dengan warna pakaian yang sama. Mereka tak suka menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tak penting. Apalagi hanya demi terlihat kaya raya.

Kebiasaan hidup para milioner, punya target jangka pendek

Selain target jangka panjang, para milioner punya kebiasaan menentukan target jangka pendek. Mereka menentukan target harian, target mingguan dan target bulanan untuk mencapai target jangka panjang.
Dalam menentukan target harian, sebaiknya tentukan prioritas kamu. Dengan cara ini, kamu akan terbantu untuk menyelesaikan hal yang paling penting dalam daftar kegiatanmu.

Sabar dalam proses

Tak hanya dalam hal keuangan, di berbagai sisi kehidupan dibutuhkan kesabaran untuk mencapai kesuksesan. Pencapaian yang instan acapkali tak bertahan lama.

Karena itulah sebagian besar milioner meraih kesuksesannya pada usia 50 tahun. Mereka menjalani proses menuju kesuksesan dengan sabar, berinvestasi untuk masa depan dan pensiun dalam kemakmuran.

Kebiasaan hidup para milioner, tak bergantung pada satu income

Tak hanya memiliki satu income saja, para milioner umumnya memiliki beberapa income. Mereka sangat menyukai model pasif income. Misalnya saja royalti, deviden, penyewaan, bisnis sampingan dan lain sebagainya.

Mereka juga tak berhenti belajar menciptakan sumber income baru. Dengan income lebih dari satu, mereka bisa menghadapi tantangan ekonomi sekaligus memperoleh lebih banyak pendapatan.

Nah, 7 kebiasaan hidup yang dilakukan para milioner ini telah mengubah hidup mereka dan membantu mencapai kesuksesan. Kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan berulang dan penuh kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari memang akan menjadi gambaran kita di masa depan. Sekarang, apakah kamu tertarik untuk meniru kebiasaan hidup mereka?