Daun teh kering yang diseduh dengan air hangat atau air panas menjadi minuman wajib bagi sebagian orang. Seduhan teh hangat biasanya dikonsumsi di pagi hari untuk penghangat badan dan juga sebagai mood booster. Nah, tidak diseduh seperti biasa, sebagian orang gemar menikmati teh fermentasi. Teh fermentasi yang dikenal dengan sebutan the kombucha ini memiliki sederet kandungan baik yang memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya pada rasa, manfaat minuman teh fermentasi inilah yang menjadi daya tariknya.

Baca juga: Teh Tubruk Tong Tji, Resep Tradisional Jadi Gaya Hidup Kaum Urban

17 Kandungan Teh Kombucha

Mereka yang rajin mengkonsumsi teh Kombucha menyebut bahwa minuman ini tak hanya sebagai minuman yang menyegarkan. Teh kombucha dengan kandungan-kandungan baik di dalamnya telah memberi manfaat untuk kesehatan. Lantas apa saja kandungan teh kombucha? Dilansir dari Jurnal Pangan dan Agroindustri, setidaknya ada 17 kandungan dalam teh kombucha.

1. Asam Asetat

Jenis asam ini adalah bagian terbesar dari asam yang diproduksi dalam fermentasi kombucha. Jumlahnya yang besar membuat minuman teh kombucha terasa asam. Fungsi asam asetat adalah mengikat toksin sehingga menjadi bentuk ester yang larut air dan mudah dikeluarkan tubuh.

2. Vitamin B1 (Tiamin)

Vitamin ini berperan dalam metabolisme karbohidrat untuk pembentukan energi. Jika kekurangan vitamin B1, seseorang bisa menderita penyakit beri-beri.

3. Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin ini dibutuhkan untuk memproses asam amino, lemak dan karbohidrat. Vitamin ini bisa disimpan dalam tubuh dan sebagian kecil tersimpan di ginjal dan hati.

4. Vitamin B3 (Niasin)

Berfungsi membantu metabolisme untuk menghasilkan energi tubuh, berperan dalam metabolisme lemak untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat.

5. Vitamin B6 (Piridoksin)

Teh kombucha mengandung vitamin B6 yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang disebut piridoksin. Mereka yang berusia lebih dari 40 tahun membutuhkan suplemen vitamin B6 karena daya serap vitamin ini di saluran pencernaan mereka sudah menurun.

6. Vitamin B12 (Sionokobalamin)

Vitamin B12 dibantu asam folat memiliki peran penting dalam metabolisme antar sel. Kekurangan vitamin ini bisa membuat perkembang tubuh melambat yang ditandai dengan anemia.

7. Vitamin B15

Vitamin B15 berperan sebagai penangkal radikal bebas dan oksigenerator jaringan tubuh.

8. Vitamin C

Menjaga imunitas atau daya tahan tubuh, mencegah infeksi, flu dan melawan asma. Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang diperlukan untuk ketahanan tubuh terhadap penyakit.

9. Asam Folat

Asam folat membantu memproduksi sel-sel darah, membentuk otot, menyembuhkan luka dan dibutuhkan untuk pembentukan RNA dan DNA. Tak hanya itu saja, asam folat bisa mencegah dan memperbaiki kondisi depresi, menghambat perkembangan kanker paru-paru dan kanker serviks, meningkatkan konsentrasi dan mencegah pikun.

10. Asam Glukoronat

Asam glukoronat bermanfaat mengikat racun dan logam berat agar lemak mudah larut dalam air dan mudah dikeluarkan lewat air kemih.

11. Asam Glukonat

Jenis asam ini berfungsi mengawetkan makanan dalam tubuh.

12. Asam Condroitin Sulfat

Asam condroitin sulfat adalah bagian dari tulang rawan dipermukaan sendi. Fungsinya untuk menjaga keutuhan dan juga kesehatan persendian.

13. Asam Laktat

Asam yang dihasilkan teh kombucha ini bermanfaat mencegah penyakit kanker. Karena kandungan asam laktat yang tinggi, teh kombucha sangat cocok untuk penderita kanker yang biasanya memiliki kadar asam laktat rendah.

14. Acetaminophen (paracetamol)

Minuman teh kombucha mengandung senyawa yang mirip dengan acetaminophen. Adapun fungsinya adalah untuk penghilang rasa nyeri.

15. Asam Amino Esensial

Asam amino berfungsi untuk membangun protein yang bermanfaat mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

16. Enzim

Enzim merupakan senyawa organik yang berperan melancarkan metabolisme zat dalam tubuh.

17. Antibiotik tertentu

Antibiotik yang terdapat dalam teh kombucha berperan membatasi perkembangan bakteri lain yang bisa mencemari starter kombucha SCOBY.

manfaat minuman teh

source: https://unsplash.com/@contentpixie

13 Manfaat Minuman Teh Kombucha

Selain sebagai minuman yang menyegarkan, ternyata ada manfaat minuman teh kombucha yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan-kandungan baik yang terdapat dalam teh kombucha bisa mencegah penyakit ringan maupun berat. Berikut manfaat minuman teh kombucha selengkapnya.

1. Mencegah kanker

Mampu mengendalikan sistem kekebalan tubuh dengan kandungan-kandungan di dalamnya, termasuk mengurangi dan membunuh mikroba patogen penyebab kanker. Teh kombucha cocok digunakan dalam pengobatan kanker stadium awal dan tumor.

2. Memperbaiki Fungsi hati

Kandungan asam folat dan vitamin B12 mengurangi homocysteine. Zat ini adalah zat perantara dalam sitesis sistein dan metionin penyebab penyakit hati. Sedangkan kandungan asam glukonat dalam teh kombucha berfungsi menurunkan kadar glukosa di dalam darah. Jika fungsi hati atau liver berada dalam kondisi baik, maka berbagai penyakit mudah disembuhkan.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Minum teh kombucha yang dibarengi dengan mengurangi makanan berkadar garam tinggi, berlemak dan menambah asupan makanan yang tinggi kandungan kalium, kalsium, magnesium dan makanan berserat, mampu membantu menurunkan tekanan darah secara bertahap pada penderita hipertensi.

4. Pencegah stroke

Kandungan-kandungan dalam teh kombucha mencegah dan mengatasi hipertensi serta penyumbatan pembuluh darah karena kolesterol yang menjadi pemicu terjadinya stroke. Selain itu, teh kombucha bisa menyembuhkan sakit kepala, vertigo, dan gangguan saraf.

5. Pereda nyeri tenggorokan

Menyembuhkan nyeri yang disebabkan penutupan lendir pada tonsil (amandel) dan membunuh bakteri yang ada di amandel. Untuk kondisi nyeri pada tenggorokan, tak perlu diminum tetapi cukup di kumur-kumur saja.

6. Penangkal racun

Konsumsi secara rutin akan menetralkan asam, menangkal dan membersihkan racun di dalam tubuh sehingga ginjal bisa memproses pembuangan melalui air kemih.

7. Mengikis lemak dan kolesterol

Meningkatkan kekuatan fungsi kelenjar dan meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatan metabolisme membuat penimbunan lemak dalam tubuh bisa dihindari.

8. Menjaga stamina tubuh

Tak hanya untuk orang sakit, orang sehat pun dapat merasakan manfaat minuman teh kombucha. Minum teh ini secara teratur dapat menjaga stamina tubuh dan menjaga kesegaran tubuh terutama ketika harus melakukan aktivitas yang melelahkan.

9. Memperbaiki pencernaan

Minum teh kombucha secara teratur dan mengkonsumsi makanan berserat tinggi bisa mengatasi berbagai keluhan pencernaan seperti sembelit, wasir atau pembengkakan di sekitar anus.

10. Mengatasi keluhan persendian

Mengatasi keluhan persendian berupa osteoarthritis rematik atau asam urat tinggi.

11. Mengatasi alergi

Teh kombucha meningkatkan antibodi tubuh sehingga keluhan alergi seperti asma bronchiale, kelainan kulit kronis dan bentuk alergi lainnya bisa teratasi.

12. Membersihkan kulit

Kandungan teh kombucha membantu proses regenerasi sel, misalnya dalam pembentukan dinding-dinding sel baru. Selain itu, kandungan teh kombucha bisa membersihkan darah dan racun dalam tubuh sehingga kulit menjadi lebih bersih.

13. Menenangkan

Mampu mengurangi ketegangan dan kecemasan sehingga penderita ketegangan jiwa bisa lebih pasrah dan menghilangkan rasa khawatirnya. Efek menenangkan juga membantu penderita insomnia.

Banyaknya kandungan-kandungan baik dalam teh kombucha membuat teh fermentasi ini semakin dilirik oleh banyak kalangan. Terlebih lagi dengan sederet panjang manfaat minuman teh kombucha bagi kesehatan. Nah, jika belum pernah mencicipi, sebaiknya sempatkan diri untuk merasakan nikmat dan mafaat teh kombucha. Selamat mencoba!