Tips Dapat Kerja – Begitu menyelesaikan pendidikan, setiap orang tentu berharap bisa segera mendapatkan pekerjaan. Tapi terkadang keadaan tak berjalan semestinya. Pekerjaan yang diimpikan tak kunjung didapat. Nah jika kalian juga mengalaminya, sebaiknya simak beberapa tips dapat kerja berikut ini.

Bikin resume yang menarik

CV harus menjelaskan dengan detail tentang diri kalian, apa yang sudah kalian kerjakan atau pencapaian kalian. Usahakan pula untuk menambahkan lampiran yang sesuai dengan pekerjaan yang kalian bidik. Tujuannya untuk menambah nilai jual.

Perhatikan disiplin dan perilaku

Disiplin waktu datang ketika interview, kirimkan juga employment form via email tepat waktu. Jangan lupa untuk bersikap ramah saat interview, termasuk memakai baju formal.  Ini termasuk attitude.

Jangan terlalu percaya diri

Bersikaplah rendahkan hari, jangan merasa paling pintar. Kelebihan kalian sebaiknya dibuktikan dengan pencapaian-pencapaian yang nyata. Hindari meminta gaji berdasarkan IPK tinggi dan perguruan tinggi unggulan. Sebab besarnya gaji bergantung pada kinerja kalian.

Belum memiliki pengalaman

Kurangnya pengalaman kerja menjadi salah satu hambatan untuk mendapatkan pekerjaan. Jika belum memiliki pengalaman kerja, sebaiknya carilah pengalaman magang, volunteer, ikutlah organisasi atau kepanitiaan-kepanitiaan. Cantumkan kegiatan-kegiatan itu dalam CV kalian. Biasanya perusahaan lebih memilih kandidat yang punya pengalaman kerja atau aktif berorganisasi semasa kuliah.

Kurang networking atau relasi

Networking yang luas bisa membantu kalian untuk mendapatkan pekerjaan. Info lowongan pekerjaan tak hanya bisa didapat lewat internet saja tetapi juga bisa dari relasi atau teman. Bahkan bisa juga dari rekan-rekan kalian yang pernah mengerjakan projek atau pekerjaan bersama.

tips dapat kerja

source: Freepik.com

Kurang skills

Saingan kalian saat mencari pekerjaan bukan hanya sesama fresh graduate, tetapi juga para kandidat yang berpengalaman. Karena itu asah skills kalian dengan mengikuti kelas online terbaik yang berguna. Misalnya saja di Harisenin.com yang menyediakan beragam pilihan bootcamp dan proclass. Baik bootcamp maupun proclass hanya berlangsung dalam waktu yang singkat dengan materi-materi yang padat berkualitas. Tujuannya agar memiliki values yang lebih tinggi. Selain itu, mengikuti kelas online juga akan menambah relasi kalian.

Nah, itulah beberapa tips dapat kerja agar fresh graduate segera mendapatkan pekerjaan. Dengan menerapkan tips ini semoga kalian bisa segera mendapatkan pekerjaan!